site hit counter Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya | Tanah Kita Tanah Surga
Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya

Tanah Kita Tanah Surga

Kategori : Data Budaya dan Wisata Senin, 19 September 2016 - Oleh admin

Calang. Ketika musim penghujan datang bagi sebagian orang dapat mendatangkan rezeki tersendiri, pasalnya di gampong yang satu ini hampir setiap warganya memiliki alat tangkap ikan tradisional yang berupa bubu.

Paya laot namanya, sebuah gampong ( desa ) yang terletak di kecamatan setia bakti kabupaten aceh jaya atau sekitar 30km dari pusat ibukota kabupaten aceh jaya calang.

Dari namanya sudah dapat kita bayangkan bagaimana kondisi desa tersebut yang sebagian besarnya merupakan daerah paya  ( rawa rawa ) dimana berbagai jenis ikan air tawar seperti lele lokal dan serukan paling banyak terdapat didaerah seperti itu.

Hampir setiap hari terutama di musim penghujan warga paya laot memang bubu, ada yang sekedar untuk cari lauk pauk dan tak jarang pula yang menjadikan ikan lele sebagai mata pencarian sampingan untuk menopang kebutuhan keluarga.

Amin salah satu warga paya  laot mengaku disaat musim penghujan hasil tangkapan ikan lele dan surukan bisa mencapai 8 kg setiap kali pasang, dimana untuk ikan lele dijual kepada pengumpul di desa tersebut seharga Rp 30.000 / kg dan untuk ikan surukan Rp 20.000/ kg. 'Murah sih, tp lumayanlah untuk sampingan' ungkap Amin.

Naah.... buat para pembaca yang budiman yang berdomisili dikota calang dan sekitarnya bisa datang tuh ke paya laot kalau ingin beli ikan lele dengan harga yang sangat terjangkau.

Sampai ketemu lagi ya... di edisi serba serbi aceh jaya yang akan datang. Jangan lupa kunjungi selalu website kesayangan anda ini untuk dapatkan informasi terbaru seputar aceh jaya. Wassalam.