site hit counter Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya | Pemkab Aceh Jaya Peringati Malam Nuzulul Qur’an
Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya

Pemkab Aceh Jaya Peringati Malam Nuzulul Qur’an

Kategori : Agama Senin, 12 Juni 2017 - Oleh admin

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya peringati malam Nuzulul Qur’an 1438 Hijriah yang dipusatkan di Masjid Sulthanal Hasanah Bolkiah Gampong Keudee Panga, Minggu malam (11/6/ 2017)

Seperti diketahui malam Nuzulul Qur’an merupakan malam pertama turun Ayat Al-qur’an / wahyu pertama yang di terima oleh Nabi Muhammad S.A.W yang diperingati setiap malam 17 Ramadhan setiap tahunnya.

Peringatan Nuzulul Qur’an tersebut diisi dengan acara Ceramah Agama yang disampaikan oleh Tgk. Umar Ismail S.Ag dari Banda Aceh

Bupati Aceh Jaya Ir.H. Azhar Abdurrahman dalam sambutannya mengajak kepada diri sendiri dan seluruh masyarakat agar dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap Al-Qur’an dengan – membaca dan mempelajari tafsir kandungannya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari.

Menanggapi fenomena akhir-akhir ini dimana banyak pihak yang dengan mudah melecehkan Al-Qur’an Azhar mengajak agar kita bersama dapat membela Al-Qur’an sebagai jati diri kita, kalau bukan masing-masing kita, siapa lagi yang mepertahankan nilai-nilai al-qur’an.ungkapnya.

Lebih lanjut Azhar Abdurrahman, mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk mempersiapkan diri dengan kualitas pengetahuan ilmu agama dan juga gemar dalam membaca al-qur’an, karena al-qur’an merupakan petunjuk bagi seluruh ummat manusia. Tambah Azhar.

Sementara, Tgk.Umar Ismail S.Ag dalam ceramahnya menyampaikan bahwa di zaman mordenisasi dan canggihnya teknologi saat ini, sehingga terjadinya krisis moral terutama para generasi muda sekarang, sosok figur yang mereka kagumi para pelakon senetron yang setiap saat mereka tonton begitu juga anak-anak kita, sehingga kalau dahulu menjelang sore hari anak-anak di setiap gampong berbondong-bondong ke balai pengajian untuk mengaji, dan ditiap rumah terdengar suara anak-anak sedang mengaji, namun sekarang hal tersebut telah tidak ada lagi dan telah berganti dengan berbagai tontonan upin dan ipin serta sinetron yang menjadi idola mereka. Padahal yang harus menjadi idola dan suri tauladan bagi kita ummat islam adalah Rasulullah Nabi Muhammad S.A.W. Kata Penceramah.

Oleh karena itu zaman sekarang bila kita salah mendidik anak-anak kita, maka akan terjadi krisis akhlaq dan moralitas pada anak-anak kita.

“ mari kita kembali kepada Al-qur’an, karena Akhlaq Rasulullah S.A.W sebagai suritauladan bagi kita ada dalam al-qur’an, maka mari kita selalu memmbaca Al-quran sebagai obat dan sebagai petunjuk bagi manusia serta pembeda antara yang hak dan yang bathil”. Jelas Tgk. Umar Ismail.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Aceh Jaya, Plt. Sekda Aceh Jaya, Unsur Forkopimda dan Muspika Kecamatan Panga, Tokoh Masyarakat serta tokoh agama, para Kepala SKPK serta masyarakat setempat.