site hit counter Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya | MASYARAKAT CALANG DAN SEKITARNYA ANTUSIAS SAKSIKAN EKSEKUSI CAMBUK
Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya

MASYARAKAT CALANG DAN SEKITARNYA ANTUSIAS SAKSIKAN EKSEKUSI CAMBUK

Kategori : Politik & Hukum Selasa, 12 Desember 2017 - Oleh admin

Calang-Seribuan masyarakat Aceh Jaya yang berada di Calang dan sekitarnya Nampak memadati Eksekusi Cambuk pelaku Ikhtilat yang digelar dihalaman masjid Agung calang selasa 12/12/2017.

eKsekusi tersebut berdasarkan Vonis Mahkamah Syari’at Calang per tanggal 27 November 2017 dan Perkara tersebut telah mempunyai kekuatan hukum tetap, Ucap Kajari Calang Suyanto, SH. MH.

Suyanto menambahkan pelaksanaan eksekusi hari ini karena terdakwa maupun jaksa penuntut setelah sidang vonis tidak melakukan upaya banding.

Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk. Yusri Sofyan dalam sambutannya mengatakan Hukuman cambuk ini sebagai bentuk Kewenangan Aceh dalam menjalankan Syari’at Islam sesuai qanun nomor 6 tahun 2014 tentang hukum jinayat dan qanun nomor 7 tahun 2013 tentang hukum acara jinayat.

Abu Yuh menegaskan bahwa hukuman cambuk bukan hanya berlaku untuk masyarakat kecil saja melainkan juga berlaku untuk seluruh warga aceh jaya termasuk para aparatur Negara.

Harapannya agar terdakwa tidak mengulangi lagi perbuatannya. Dan menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat aceh jaya.

Adapun 2 terdakwa yang dieksekusi hukuman cambuk atas nama Sumiati (32) dihukum 15 kali cambuk, dan atas nama Tgk. Nurdin bin Abdurrahim 19 kali cambuk.