site hit counter Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya | Tingkatkan Mutu, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya gelar lomba antar Paud
Download Syarat dan Lampiran Penerimaan CPNS Aceh Jaya 2018 disini

Tingkatkan Mutu, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya gelar lomba antar Paud

Kategori : Pendidikan & Pelatihan Selasa, 16 April 2019 - Oleh admin

Calang (Aceh Jaya) - Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya menggelar perlombaan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berlangsung di aula gedung kesenian Desa Keutapang Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, senin (15/4).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menilai mutu pendidikan dan guru Paud yang telah berjalan selama ini, baik tingkat kecamatan maupun desa.

Kadis Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya Abdul Jabar kepada Media di Calang menyampaikan kegiatan tersebut untuk memberikan apresiasi kepada guru dan pengelola Paud di seluruh Aceh Jaya.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun untuk memberikan apresiasi kepada guru dan pengelola Paud dengan berbagai perlombaan yang telah disiapkan oleh juri dari Pengurus Paud Provinsi Aceh.

Ia berharap dengan adanya kegiatan perlombaan ini kedepan bisa mendapatkan sekolah dan guru Paud yang bisa mengharumkan nama Aceh Jaya baik tingkat provinsi maupun nasional di berbagai perlombaan yang dipertandingkan.

"Perlombaan ini dilakukan setiap tahun untuk melihat peningkatan mutu pendidikan Paud dan berharap kepada peserta yang menang ke depan bisa mengharumkan nama daerah baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional," ujar Abdul Jabar.

Bunda Paud Aceh Jaya, Ernani Wijaya mengungkapkan dari laporan yang ada saat ini partisipasi dari orang tua untuk memberikan anak-anaknya ke Paud setiap tahunnya terus meningkat, itu dikarenakan sudah mempunyai kesadaran dari orang tua itu sendiri.

Ia juga menjelaskan jumlah sekolah Paud yang ada saat ini mencapai 233 unit termasuk TK/KB/SKS yang tersebar di seluruh desa di Kabupaten Aceh Jaya, bahkan ada 8 Paud yang sudah terakreditasi dan diakui di tingkat nasional.

Ia berharap dengan keikutsertaan dalam perlombaan ini bisa melihat tentang apa yang telah dirasakan setahun yang lalu tentang kemajuan yang dicapai dalam penerapan sehari-hari dan bila ada yang kurang bisa memperbaiki tentang kelemahannya dimasa yang akan datang.

foto :  Bupati bersama bunda Paud  

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya Drs. H Teuku Irfan TB turut hadir pada saat pemberian juara kepada peserta juga menuturkan hal yang sama bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya untuk melihat prestasi guru-guru dan Bunda Paud dalam peningkatan mutu pendidikan tingkat usia dini.

Dengan adanya pemberian apresiasi ke para guru Paud dan Bunda Paud baik tingkat desa maupun tingkat kecamatan ke depan bisa menjadi motivasi untuk peningkatan mutu pendidikan dan sebagai motivasi bagi pihak yang lain terutama bagi para guru dan Bunda Paud yang belum mendapatkan perhargaan.

T Irfan TB menjelaskan guru yang mendapatkan penghargaan di tingkat Kabupaten Aceh Jaya, kedepan akan dilombakan pada tingkat provinsi dengan mengikuti berbagai perlombaan.

Ia berharap kepada peserta yang memperoleh juara hari ini bisa membawa harum nama daerah.

"Kita berharap pada peserta yang mendapatkan juara di tingkat kabupaten hari ini, kedepan juga mendapatkan juara di tingkat Provinsi Aceh," harap T Irfan TB.

Adapun jenis perlombaan yang dipertandingkan sebanyak 11 perlombaan dari 16 kategori, di antaranya lomba guru KB/TPA/SPS terbaik, pengelola KB/TPA/SPS terbaik, Bunda Paud kecamatan terbaik, Bunda Paud desa terbaik, gugus Paud terbaik dan berbagai perlombaan lainnya.

Sementara peserta yang mendapatkan juara berdasarkan hasil penilaian lomba karya terbaik pengelola KB/TPA/SKS dalam rangka apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS berprestasi tingkat Kabupaten Aceh Jaya yaitu Darwiati, SPdI dari KB Adil Ibara, Kecamatan Jaya sebagai juara I, Ayi Wardiyah, SPd dari KB Geunaseh Kecamatan Panga sebagai juara II dan Agus Tilas dari KB Tunas Bangsa, Kecamatan Teunom sebagai juara III. (https://www.youtube.com/watch?v=PUhei-wB7qQ&feature=youtu.be)