site hit counter Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya | Pengurus Apkasindo Aceh Jaya dikukuhkan
Download Syarat dan Lampiran Penerimaan CPNS Aceh Jaya 2018 disini

Pengurus Apkasindo Aceh Jaya dikukuhkan

Kategori : Ekonomi Jumat, 03 Mei 2019 - Oleh admin

Calang (Aceh Jaya) - Pengurus Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Aceh Jaya masa bakti 2019 - 2024 resmi dikukuhkan oleh Ketua DPW (Apkasindo) Provinsi Aceh Dr Ir H Teuku M Amir Husein di Calang, Kamis (2/5).

"Kami berharap agar pengurus Apkasindo Aceh Jaya yang baru terbentuk tersebut bisa membawa petani kelapa sawit ke arah yang lebih sejahtera," ujar Teuku M Amir Husein.

Ia menyampaikan Apkasindo Aceh Jaya ke depan dapat memberikan manfaat kepada para petani sawit paling tidak tentang pengembangan kebun hingga menghasilkan panen yang maksimal.

Wakil Sekretaris Apkasindo yang baru dilantik, Fajar Diharta kepada media mengatakan jika kehadiran wadah bagi petani sawit ini sendiri mampu melindungi hak para petani.

"Dengan adanya wadah atau asosiasi ini dapat mendorong petani sawit di Aceh Jaya untuk lebih maju dalam bertani dari hak petani itu sendiri dapat dilindungi, baik hak secara ekonomi maupun secara hukum," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan jika ke depan dengan adanya wadah ini harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Aceh Jaya dapat terus membaik.

"Seperti yang disampaikan utusan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh bahwasanya petani diharapkan dapat masuk dalam asosiasi ini sehingga petani bisa langsung bermitra dengan pabrik yang ada di wilayah Aceh Jaya sehingga harga TBS yang ditawarkan dapat meningkat kembali," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya T Irfan TB dalam sambutannya mengharapkan agar para petani giat dalam bertani, sehingga hasil yang didapatkan juga akan maksimal.

Apalagi Aceh Jaya termasuk daerah yang akan direncanakan sebagai daerah kawasan ekonomi khusus (KEK) wilayah Barat-Selatan Aceh seperti yang disampaikan oleh Gubernur Aceh, karena dari segi infrastruktur pelabuhan Aceh Jaya sudah siap untuk menjalankan aktivitas bisnis.

Irfan menyampaikan saat ini lahan sawit di Aceh Jaya cukup luas, inilah tugas Apkasindo untuk mengajak para petani dan memberi pemahaman kepada petani.

"Jangan sampai masyarakat beranggapan Apkasindo hadir karena adanya replanting, oleh karenanya peran organisasi harus jelas nantinya sebagai mitra dari pemerintah daerah," katanya.

"Kami melihat para pengurus yang dilantik saat ini memiliki lahan sawit semuanya, oleh sebab itu mari berbagi ilmu kepada para petani lainnya," tuturnya.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk Yusri S, jajaran Forkopimda Aceh Jaya, para Kepala SKPK, dan kelompok petani sawit. (**)