site hit counter Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya | Bupati Aceh Jaya menghadiri kegiatan gerakan panen perdana Jagung kelompok bunga tani
Download Syarat dan Lampiran Penerimaan CPNS Aceh Jaya 2018 disini

Bupati Aceh Jaya menghadiri kegiatan gerakan panen perdana Jagung kelompok bunga tani

Kategori : Ekonomi Jumat, 12 Juli 2019 - Oleh admin

Aceh Jaya - Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB, menghadiri kegiatan Gerakan Panen Pedana Jagung yang di budidayakan oleh kelompok Bunga Tani Desa Mata Ie Kecamatan Sampoineit, Aceh Jaya, Kamis (11/7/2019).

Pada kegiatan tesebut, Bupati Aceh Jaya, secara simbolis turut menyerahkan Kunci rumah bantuan layak huni kepada 5 lima warga desa tersebut yang di bangun menggunakan Anggatan Dana Gampong (ADG) Tahun 2018. 

"Pemerintah Aceh Jaya mendukung kegiatan yang telah di laksanakan oleh warga Desa Mata Ie ini. Selain bisa meningkatkan sumber daya pangan di Aceh Jaya, kegiatan seperti ini juga bisa menjadi pendukung pendapatan masyarakat,"tutur Irfan TB, Bupati Aceh Jaya, sesudah membuka kegiatan tersebut. 

Setiap kendala, lanjutnya, yang sudah di sampaikan oleh kelompok ini akan kita upayakan, agar semangat dari warga tidak surut dan kegiatan ini akan menjadi Pilot Project bagi 171 lainnya di Aceh Jaya. 

"kita berharap, desa-desa lainnya bisa mengikuti jejak dari pencapaian di Desa Mata Ie ini. Mereka tidak menunggu bantuan. Mereka sigap melihat peluang dengan menggunakan anggaran desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor komuniti tanaman jagung ini," tutup Irfan. 

Pantauan di lokasi, pada kegiatam ini turut di hadiri oleh Kapolres, Dandim, SKPK dan Legeslatif Aceh Jaya serta Manager perusahaan jagung dari Aceh Besar.

Sementara, Rasmaidi, Kepala Desa Mata Ie Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya menyampaikan, kegiatan ini bermula dari kendala masyarakat yang hendak menam padi sesudah musim tiba. 

Sebelumnya, lanjut Rasmaidi, lahan ini di gunakan untuk tanaman padi namun akibat kekeringan yang melanda, seluruh msyarakat sepakat untuk di alihkan menjadi lahan jagung.

"Luas lahan ini 30 Hektar namun yang berhasil di garap dan di tanam tanaman jagung seluas 25 Hektar dengan kebutuhan bibit perhektar sebanyak 1,5 kilogram dan hasil panen di tampung oleh perusahaan dari Korea yang memilik kantor cabang di Blang Bintang, Aceh Besar dengan harga 3.750 Rupiah perkilo,"tutur Rasmaidi Saat di mintai keterangan.