site hit counter Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya | Ini Harapan Wakil Bupati pada Expo Ternak Aceh 2019
Download Syarat dan Lampiran Penerimaan CPNS Aceh Jaya 2018 disini

Ini Harapan Wakil Bupati pada Expo Ternak Aceh 2019

Kategori : Ekonomi Senin, 15 Juli 2019 - Oleh admin

ABDYA | Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya mengikuti Ekpo ternak yang di gelar Kabupaten Aceh Barat Daya, dalam bulan bhakti peternakan provinsi Aceh yang dipusatkan di Lapangan Bola Kaki Gampoeng Pulau Kayu,Kecamatan Susoh, Sabtu 13 Juli 2019.

Ada pun ternak yang diikutsertakan dalam kegiatan ini diantaranya kerbau jantan bebas , sapi Aceh betina,sapi bali betina,sapi bali jantan bebas , sapi Aceh .Semua jenis ternak yang diikutkan kontes dalam Expo Ternak tingkat provinsi Aceh adalah ternak hasil inseminasi buatan (IB).

Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk. Yusri S, saat memantau kegiatan mengatakan, melalui kegiatan ini kita harapkan populasi ternak sapi dan kerbau di Kabupaten Aceh Jaya, dapat semakin meningkat, ujarnya sela kegiatan.

Melalui ajang expo dan kontes ternak ini, Tgk. Yusri berharap, masyarakat dan dinas terkait bisa menumbuh kembangkan minat serta memotivasi, khususnya masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya, untuk memelihara ternak dengan lebih baik.

"Dengan adanya expo ini, kita bisa mendapat ilmu dari kabupaten lain untuk mengambil ilmunya dan membudidayakan ternak serta mengembangkannya pada wilayah kita. Ini juga satu pengalaman dan hal yang sangat berguna," imbuhnya.

Kita sudah bicarakan kepada provinsi tentang kerjasama untuk masuk ke Kabupaten Aceh Jaya, serta dapat menggalakan perekonomian masyarakat melalui petani ternak, ungkap Tgk. Yusri.

Tahun 2020, kita programkan untuk pengadaan bibit sapi yang akan kita berikan kepada masyarakat yang layak serta serius dalam pengelolaan ternak sapi, dan ini butuh kita kembangkan di tempat kita, papar Tgk. Yusri.

Selama ini, tutur Yusri, kita melihat di Aceh Jaya, belum ada sistem pemeliharaan sapi dengan sistem terpelihara seperti dikandangkan. "Banyak sapi itu dilepaskan tidak ada terpelihara dengan benar. Kedepan kita harapkan jangan ada lagi sapi-sapi itu berkeliaran di jalan-jalan," tambah dia.

Masih kata wabub, untuk apa kita pelihara sapi puluhan ekor hingga ratusan ekor, tetapi harganya tidak setimpal dengan yang kita lihat, tandas Yusri.

Lebih lanjut dikatakan Tgk. Yusri, mewakili Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan bidang terkait untuk betul-betul menyeleksi hal tersebut. Dengan harapan ternak sapi ini nantinya dapat berkembang dan mengangkat perekonomian masyarakat peternak sapi, serta menjadi komoditi andalan masyarakat kita dalam beternak sapi, harapnya.

Sementara Kabid Peternakan dan Kesehatan Aceh Jaya, Drh. Dailami mengatakan, expo ternak diharapkan dapat menjamin ketersediaan ternak di kabupaten setempat, sekaligus memotivasi masyarakat untuk memelihara ternak dengan baik dan berkualitas.

"Kegiatan Expo dan Kontes Hewan Ternak tersebut sebagai ajang informasi kususnya sapi dan kerbau. Hal itu sebagai edukasi bahwa memelihara ternak tidak boleh di alam liar, akan tetapi ternak piaraan itu harus dikandangkan dengan memberi makan yang cukup, sehingga memiliki hasil yang memuaskan nantinya, seraya menyampaikan"

"Insya Allah kalau kita yakin dengan peliharaan kita, maka hasil itu tidak pernah mengkhianati kita,” tutup drh. Dailami. [**]