site hit counter Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya | Apel Hari Kesadaran Nasional, Bupati Paparkan Pencapaian Program Selama Dua Tahun Kepemimpinannya
Download Syarat dan Lampiran Penerimaan CPNS Aceh Jaya 2018 disini

Apel Hari Kesadaran Nasional, Bupati Paparkan Pencapaian Program Selama Dua Tahun Kepemimpinannya

Kategori : Pemerintahan Rabu, 17 Juli 2019 - Oleh admin

Calang - Memperingati hari Kesadaran Nasional, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya mengelar upacara Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (17/07/2019).

Bupati Aceh Jaya H.T.Irfan TB yang bertindak sebagai Inspektur upacara menyampaikan pencapaian program kerja selama dua tahun kepemimpinannya dari tahun 2017 sampai dengan 2018 telah berhasil di tuangakan dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJMK) Aceh Jaya 2017-2022.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan pogaram yang telah berhasil dilaksanakan antara lain, Bidang Ekonomi dan Ketenagakerjaan, dimana laju ekonomi naik dari 4,00% tahun 2017 menjadi 4,03% pada tahun 2018, tingkat pengangguran terbuka menurun dari 6,23% manjadi 4,95% pada tahun 2018.

Dalam bidang sosial budaya, Bupati menjelaskan dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, kesehatan dan keagamaan.

Pemerintah Aceh jaya telah menetapkan 3 gerakan pembangunan diantaranya Gerbang Seroja (Gerakan Pembanguan Sehat Rohani dan Jasmani), Gerbang Permata (Pembangunan Pendidkan Agama dan Fasilitas Ibadah) serta Gerbang Perak (Pembangunan Rakyat yang Kompetetif).

“Kualitas derajat kesehatan masyarakat dapat dinilai melalui data Angka Harapan Hidup (AHH) yang meningkat dari 66,70 tahun pada tahun 2017 menjadi 66,88 tahun pada tahun 2018 dan capaian desa siaga aktif dari 81 desa pada tahun 2017 menjadi 90 desa pada tahun 2018”. Kata Bupati

Selanjutnya Bupati menjelaskan dalam upaya meningkatkan kejayaan nilai–nilai Syariat Islam dalam kehidupan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melakukan beberapa strategi yaitu meningkatkan sarana dan prasarana keagamaan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik keagamaan dan meningkatkan peran serta ulama dalam perumusan kebijakan daerah yang berbasis Islami.

Masih dalam amanatnya, Bupati menjelaskan selama dua tahun kepemimpiannya, telah berhasil memdapatkan beberapa pengahargaan, diantaranya dalam bidang keuangan berhasil merai WTP pada tahun 2018 yang merupakan WTP ke-6 untuk Kabupaten Aceh Jaya, kemudian dalam bidang sosial mendapatkan penghargaan dari Menteri Sosial RI atas prestasi pembinaan tagana dan upaya penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial, penghargaan kabupaten peduli HAM di tahun 2017, penghargaan dari IGI dalam memajukan dunia pendidikan tahun 2018, Juara Umum bidang pendidikan dari Gubernur Aceh Tahun 2017, serta penghargaan 5 katagori prestasi pendidikan dari Gubernur Aceh Tahun 2018.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah memohon maaf yang sebesar-besarnya, karena masih banyak kekurangan yang harus kita perbaiki, terlebih dengan masih sangat ketergantungan keuangan daerah kepada pusat. akibat belum sepenuhnya kita eksplorasi sumberdaya alam kita yang memadai, di tambah lagi dengan penyerahan urusan pusat ke daerah yang tidak sepenuhnya disertai anggaran.
Kami optimis, bahwa tidak ada benang kusut yang tidak bisa diurai dan tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, maka melalui kerjasama, persatuan, bergotong royong, saling mendukung, bahu membahu untuk mencapai harapan kita bersama, untuk itu, marilah kita bulatkan tekad, satukan langkah dan rapatkan barisan, luruskan niat serta bertawakkal kepada allah,dengan bersatu pasti kita bisa” , Tutupnya.

Apel tersebut di hadiri juga oleh Wakil Bupati, Sekda, Unsur Forkopimda, serta seluruh ASN, TNI-POLRI, Tenaga Harian Lepas, dalam lingkup Kabupaten Aceh Jaya. (**)