.

Dharma Wanita Kabupaten Aceh Jaya Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan

Kategori : Pendidikan & Pelatihan Kamis, 17 Oktober 2019 - Oleh admin

 

 

Calang - Guna menambah ilmu pengetahuan serta ketrampilan para anggota, atas dasar itu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Aceh Jaya menggelar Pelatihan membuat aksesoris rumah tangga dan membuat makanan dari non beras yang laksanakan pada hari Rabu dan Kamis, 15-16 Oktober 2019 di aula rumah makan mina Calang.


Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta terdiri dari anggota DWP Kabupaten dan DWP unit Kecamatan dalam ruang lingkup Kabupaten Aceh Jaya, mengusung tema “Kita tingkatkan ketrampilan pengurus dan anggota DWP Kabupaten Aceh Jaya dalam berwira usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga”.


Ketua Dharma Wanita Kabuten Aceh Jaya, Hj. Syarifah Sri Rahayu mengatakan bahwa dengan digelarnya pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggotanya, serta menambah ketrampilan membuat kreasi inovatif memanfaatkan bahan-bahan sederha menjadi produk baru yang bernilai ekonomis.


“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan ibu-ibu DWP, sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga dengan hasil dari kerajinan tersebut” pungkasnya.


Hj. Syarifah juga menjelaskan sesuai dengan tujuan utama dari pendirian Dharma Wanita adalah meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.


Maka Hasil dari pelatihan ini dapat menjadi bekal untuk dikembangkan menjadi usaha kecil bahkan besar dan hasilnya akan sangat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.


“Sudah saatnya kita ibu-ibu bergerak, selain dapat menjadi penyaluran hoby melalui keterampilan tangan, manfaat yang bisa didapat dari pelatihan ini adalah peserta bisa membuat usaha kecil dalam pembuatan aksesoris dengan teknik, bentuk dan penampilan yang bagus untuk dijadikan bekal berwirausaha” terangnya


Pada penutupan pelatihan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya, Mustafa, S.Pd, M.AP, sangat mengapresiasi kegitan ini, kita harapkan ilmu yang dipelajari disini nantinya bisa diterapkan di masing-masing unit DWP.


“Kami Pemkab Aceh Jaya sangat mengapresiasi kegiatan ini, selain sebagai lahan pengembangan diri para anggota juga nantinya bisa ditularkan ilmunya kepada masyarakat sekitar” terangnya.


Sekda juga mengharapkan hasil kerajinan dari pelatihan ini dapat menjadi produk baru yang memiliki ciri khas dari Kabupaten Aceh Jaya.


“Ini merupakan karya yang sangat bagus, bisa kita kembangkan menjadi komoditi khas ditingkat lokal sehingga menjadi oleh-oleh wisatawan yang datang ke Aceh Jaya” tutupnya


Untuk mendukung terlaksananya pelatihan ini DWP Aceh Jaya menghadirkan pemateri dari Universitas Syiah Kuala yaitu ibu Nurul Fauziah yang juga merupakan dosen FKIP Tata Boga dan PKK.

[Humas Aceh Jaya]