.

Khanduri Laot Sebagai Wujud Syukur atas Limpahan Rezeki

Kategori : Sosial & Kemasyarakatan Rabu, 06 November 2019 - Oleh admin

 

 

Calang - Sejumlah nelayan lhok calang aceh jaya tidak dibenarkan melaksanakan aktivitas melaut selama tiga hari kedepan setelah dilaksanakan kenduri laot yang dipusatkan di komplek PPI setempat, Rabu (06/11).

 

Masyarakat Nelayan lhok Calang melakukan kenduri Laot yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, kegiatan ini sebagai wujud syukur atas rezeki yang di berikan dari hasil yang diperoleh dari melaut selama ini.

 

Kenduri laot yang dilaksanakan para nelayan tersebut dipusatkan dikomplek PPI Bate Tutong gampong Blang Calang Aceh Jaya  ini dihadiri Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk. Yusri S serta sejumlah kepala SKPK lainnya. 

 

Tgk yusri mengajak masyarakat nelayan lhok calang untuk mentaati adat yang telah ditetapkan bersama nelayan lainnya untuk tidak melaut selama tiga hari kedepan.

 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk syukur atas rizki yang telah diberikan Allah SWT, selain itu menurut Yusri kenduri laot adalah sebuah tradisi atau kebiasaan masyarakat Aceh yang harus dipertahankan dan dilestarikan kedepan.

 

Sementara itu panglima laot lhok calang M Yunan mengatakan kenduri laot yang kita laksanakan pada hari ini sebagai bentuk syukuran yang di isi dengan doa untuk mendapatkan keberkahan apa yang telah didapatkan selama ini.

 

Mulai hari ini para nelayan lhok calang tidak dibenarkan melaksanakan aktivitas melaut selama tiga hari kedepan, namun apabila ada nelayan yang melaut juga akan dikenakan sanksi yang telah ditatapkan bersama, ujar Yunan.

 

Kita berharap dengan adanya kenduri laut ini akan menjalin hubungan silaturrahmi antara sesama nelayan dan juga sebagai bentuk rasa syukur apa yang telah diberikan Allah SWT selama ini.

[Humas Aceh Jaya]